Thursday, 4 February 2016

TUGAS 4 PENGANTAR TELEMATIKA

Pada postingan sebelumnya telah dibahas mengenai “PengertianTelematika dan Perkembangan Telematika” , “Arsitektur Telematika” serta “Beberapa Kasus Cyber Crime”. Membahas lebih lanjut mengenai Telematika, maka kali ini saya akan membahas mengenai perkembangan telematika di masa yang akan datang serta dampak positif dan negatifnya.



Telematika dapat diartikan sebagai bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi.
Istilah telematika ini digunakan dalam berbagai bidang, secara umum untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS dan secara spesifik untuk bidang kendaraan dan lalulintas. Pada awalnya telematika dikembangkan disisi internet. Pada saat itu teknologi telekomunikasi telah digunakan untuk menghubungkan antar computer dan kemudian telematika dilahirkan. Saat ini banyak bidang yang memanfaatkan telematika, seperti bidang telekomunikasi yang berfokus pada pertukaran data yang menjadi kebutuhan konsumen mereka seperti telekomunikasi lewat telepon, saluran televise, radio, dan media lainnya, bahkan sistem pelacakan navigasi secara realtime berbasis satelit yang disebut GPS (Global Positoning System). Dalam penerapannya, telematika menggunakan teknologi pengiriman, penerimaan, dan penyimpanan informasi melalui perangkat telekomunikasi dalam hubungannya dengan pengaruh pengendalian / kontrol pada objek jarak jauh. Dalam penerapan di bidang navigasi, telematika membutuhkan perangkat GPS sebagai perangkat pengiriman data, lalu data telematika diterima oleh layanan (vendor) seluler dan diterukan ke pelanggan. Kemudian data telematika disimpan oleh pelanggan di device telekomunikasi seperti handphone, pda, dan smartphone.

Perangkat komputasi berskala terabyte, penggunaan multicore processor, penggunaan memori dengan multi slot serta peningkatan kapasitas harddisk multi terabyte akan banyak bermunculan dengan harga yang masuk akal. Komputasi berskala terabyte ini juga didukung dengan akses wireless dan wireline dengan akses bandwidth yang mencapai terabyte juga. Hal ini berakibat menumbuhkan faktor baru dari perkembangan teknologi. Antarmuka pun sudah semakin bersahabat, lihat saja software Microsoft, desktop Ubuntu, GoogleApps, YahooApps Live semua berlomba menampilkan antarmuka yang terbaik dan lebih bersahabat dengan kecepatan akses yang semakin tinggi. Hal ini ditunjang oleh search engine yang semakin cepat mengumpulkan informasi yang dibutuhkan oleh penggunanya. Pada akhirnya, era robotic akan segera muncul. Segenap mesin dengan kemampuan adaptif dan kemampuan belajar yang mandiri sudah banyak dibuat dalam skala industri kecil dan menengah, termasuk di tanah air. Jadi, dengan adanya teknologi manusia akan terus berkembang sehingga akan ada harapan-harapan tentang masa depan yang lebih baik.

Perkembangan telematika yang mampu mempermudah berbagai pekerjaan yang kita lakunan nyatanya tidak menutup kemungkinan akan menimbulkan berbagai tindak kejahatan. Berbagai kasus cyber crime pun telah kita ketahui banyak terjadi di Indonesia. Bukan sekedar cyber crime masih banyak lagi dampak negatvi lainnya. Berikut ini beberapa dampak positive dan negative akibat perkembangan telematika :
  • Dampak Positif :
  1. Kemudahan dalam memperoleh Informasi secara cepat. Informasi yang diperoleh dapat bersifat real time artinya pada saat itu juga. Selain itu informasi yang diinginkan dapat diperoleh secara langsung pada sumbernya sehingga mengurangi adanya distorsi informasi.
  2. Transparasi dalam Informasi. Informasi dapat diketahui siapa saja karena adanya keterbukaan.
  3. Kemudahan dalam memperoleh data. Dengan adanya perkembangan telematika kita dapat memperoleh data dan Informasi dari berbagai sumber, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.
  4. Penghematan waktu. Orang tidak perlu lagi mengorban waktu untuk mengantri lama dalam melakukan transaksi keuangan tetapi cukup dengan melakukan transaksi melalui internet atau ponsel genggam.
  • Dampak Negative:
  1. Adanya ancaman virus, hacker, penyadapan elektronik dan penipuan elektronik menyebabkan faktor keamanan menjadi masalah dari waktu ke waktu
  2. Dengan makin terbukanya informasi memungkinkan pihak-pihak tidak berkepentingan dapat mengakses informasi yang bersifat terbatas atau rahasia.
  3. Ledakan sistem komputer telah melahirkan ketergantungan terhadap informasi, yang disimpan ataupun yang dikomunikasikan dngan sistem tersebut.

Sumber :


1 comment:

  1. Submit your website or blog now for appearing in Google and over 300 other search engines!

    Over 200,000 websites indexed!

    Submit TODAY via I NEED HITS!

    ReplyDelete