Tuesday 21 July 2015

TUGAS 6 BAHASA INDONESIA 2 : PENGARUH HARGA TERHADAP PENJUALAN

Setiap perusahaan menggunakan sistem pemasaran yang berbeda tergantung kebutuhan dari perusahaan tersebut. Secara teoritik, kebijakan yang ditentukan oleh perusahaan dalam memasarkan hasil produksinya adalah kombinasi dari empat bagian pemasaran yang dikenal dengan marketing mix. Menurut Basu Swastha dan Irawan (2002:78): “Marketing Mix  adalah kombinasi dari empat variabel yang merupakan inti dari sistem pemasaran yaitu produk, struktur harga, kegiatan promosi, dan sistem distribusi”. Kegiatan yang dimaksudkan yaitu: produk, harga, distribusi dan promosi. Salah satu unsur kegiatan dari ke empat variabel disamping produk, distribusi dan promosi adalah harga. Harga sangat berpengaruh dalam tingkat penjualan, karena meskipun produk sudah ditawarkan dengan baik, namun jika tidak disertai dengan harga yang sesuai penjualan tidak akan meningkat.
            Definisi harga menurut M. Fuad dan Christine (2001 :129) : “Harga adalah sejumlah kompensasi (uang maupun barang) yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi barang atau jasa”. Dari definisi tersebut harga adalah sejumlah uang yang harus dibayar oleh konsumen untuk mendapatkan suatu produk. Sedangkan definisi penjualan menurut Basu (2001 : 8) : “Penjualan merupakan ilmu seni mempengaruhi pribadi yang dilakukan oleh penjual untuk mengajak orang lain agar bersedia membeli barang atau jasa yang ditawarkan”. Dari definisi tersebut penjualan adalah kegiatan yang dilakukan penjual untuk menjual suatu produk kepada pembeli. Dari ke dua definisi tersebut harga sangat berpengaruh terhadap penjualan, karena sebelum melakukan penjualan salah satu hal yang harus dilakukan oleh perusahaan adalah menentukan harga jual suatu produk sesuai dengan biaya produksi, kualitas produk, laba yang diinginkan dan kemampuan pembeli.
            Banyak jurnal yang telah membahas pengaruh harga terhadap penjualan. Penelitian dilakukan untuk mengetahui persentase pengaruh harga terhadap penjualan produk suatu perusahaan. Devita Widya Ariyanti telah melakukan penelitian mengenai pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan promosi terhadap volume penjualan pada pelanggan Pizza Hut di Solo. Hasil penelitian menyatakan bahwa, harga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap volume penjualan sehingga pihak Pizza Hut dalam penentuan harga telah memperhatikan kesesuaian harga yang ditawarkan dengan menu yang disajikan serta kemudahan dalam melakukan pembayaran. Dari penelitian tersebut terbukti adanya pengaruh harga terhadap penjualan.

Sumber :
Basu Swastha dan Irawan. 2002. Manajemen Pemasaran Modern . Yogyakarta : Liberty Offset.
Fuad, M dan Christine.2001. Pengantar Bisnis . Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Devita Widya Ariyanti.2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Promosi Terhadap Volume Penjualan pada Pelanggan Pizza Hut di Solo. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.

No comments:

Post a Comment